Pages

Kamis, 01 Mei 2014

Cara Backup dan Restore Dengan ClockWorkMod Recovery di Perangkat Android


Saat anda ingin melakukan suatu modifikasi pada perangkat Android anda seperti menginstal custom ROM, menginstal update tidak resmi, atau mencoba firmware beta. Mungkin jika anda melakukakn sebuah kesalahan anda akan membuat sistem perangkat Android anda rusak (Brick) dan membuat bingung harus melakukan apa.

Tapi ada cara di mana anda bisa menghindari hal-hal yang tidak diinginkan tersebut. Seperti membuat sebuah backup lengkap sebelum melakukan suatu proses untuk merubah sistem Android anda, Maka anda harus mem-backup ROM yang saat itu anda gunakan terlebih dahulu.

Maka dari itu kami akan mememberikan sebuah panduan untuk: Bagaiamna Cara Backup dan Restore pada perangkat Android anda sebelum menginstal custom ROM, atau menerapkan update tak resmi. Dalam posting kali ini kami akan memberikan salah satu cara yang tepat untuk melakukannya adalah dengan menggunakan custom recovery image di ClockWorkMod Recovery. Dengan ini Anda dapat membackup ROM yang saat ini berjalan pada Android anda, sehingga jika terjadi kesalahan saat mencoba untuk instal ROM baru ke dalam sistem, anda bisa kembali menggunakan ROM lama anda.

Dan ini adalah metode yang cocok untuk menghindari brick pada perangkat anda. Karenaseperti yang Anda ketahui, garansi akan hilang setiap kali anda merubah sistem pada perangkat anda seperti yang disebutka diatas tadi, jadi membuat backup akan sangat berguna. Tapi sebelum bisa melakukan proses ini anda harus mendapatkan dan menginstal ClockWorkMod Recovery. Untuk anda yang belum tahu CWM adalah custom recovery yang dirancang khusus untuk bekerja pada platform Android dan menawarkan berbagai fitur –fitur yang berguna seperti: membuat backup, mencoba custom ROM, melakukan maintenance dan masih banyak lainya.

Sebelum memulai proses ini, pastikan anda membaca semua langkah untuk memahami cara membuat backup lengkap dari ROM anda dan anda juga akan mepelajari cara caramenginstal dan menggunakan CWM.

Cara install ClockWorkMod Recovery di Android

Pastikan memoris SDCard anda cukup untuk menyimpan file Backup anda

Menginstal CWM ClocWorkMod Recovery dan langkah-langkah Backup ROM lama anda, menggunakan ROM Manager:

·       Pertama, Perangkat anda harus sudah di root karena anda tidak bisa menginstal ClockWorkMod Recovery di perangkat yang belum di ROOT.
·       Pastikan perangkat anda mendukung tool ini, karena beberapa perangkat tertentu tidak bisa menggunakan(beberapa CWM tidak tersedia pada perangkat tertentu) tool ini.
·       Download ROMManager melalui Google Play Store dari perangkat anda.
·       Setelah selesai di-instal. Buka aplikasi ROM Manager tadi.
·       Pilih opsi “flash ClockWorkMod Recovery”. Pastikan anda memilih CWM yang sesuai dengan tipe dan seri perangkat anda.
·       Kemudian pilih “Backup Current ROM” dan ikuti unstruksi yang muncul di layar. Dan proses backup akan segera berjalan
·       Proses Backup akan selesai setelah perangkat di reboot. Dan anda akan memiliki backup ROM android yang sedang anda gunakan saat itu.

Cara manual menginstal ClockWorkMod Recovery di Android (tanpa menggunakan ROM Manager) :

·       Pastinya Android anda sudah harus di root
·       Download file CWM yang cocok dengan tipe dan seri perangkat anda. Saat ini kami belum bisa menyediakan link downloadnya. Anda hanya harus mencari CWM yang cocok dengan perangkat anda dari sumberlain.
·       Setelah di download copy paste kan file CWM tadi ke SD card. Jangan masukan ke folder manapun.
·       Matikan perangkat,Kemudian masuk ke Recovery Mode (setiap perangkat bisa memiliki kombinasi tombol yang berbeda).
·       Setelah masuk di Recovery Mode, pilih opsi “Apply update from sd card”.
·       Temukan file CWM yang sudah di download tadi dan pilih file tersebut. Setelah itu proses instalasi akan segera di mulai.
·       Setelah proses selesai, biasanya menu CWM akan segera terbuka.
·       Pilih opsi “Backup and Restore” kemudian pilih “Backup” dan proses akan segera dimulai.
·       Terkadang dibeberapa perangkat tertentu CWM tidak permanen jadi anda harus menginstalnya lagi.

Sekarang anda sudah memilii backup ROM lama anda.

Jika anda melakukan kesalahan saat menginstal custom ROM atau lainya dan menyebabkan perangkat anda error, anda bisa menggunakan ROM lama anda kembali dengan cara me-restorenya dan untuk mengembalikan atau me-restore ROM lama anda, berikut langkah – langkahnya :

Merestore backup ROM lama melalui aplikasi ROM Manager

o   Untuk melakukanya cukup pilih “Manage and Restore Backup” lalu pilih “Restore”.
o   Setelah selesai dan perangkat sudah di reboot, maka proses sudah berhasil dan ROM lama sudah bisa anda gunakan lagi.

Merstore Data ROM lama melalui CWM Recovery.
o   Matikan ponsel, kemudian masuk ke CWM Recovery
o   Pilih opsi “Backup and Restore” kemudian pilih “Restore”. Proses restore akan segera dimulai.
o   Reboot perangkat anda.


Itulah cara anda mendapatkan cadangan backup ROM saat sebelum melakukan flashing custom ROM, atau mengupdate perangkat Android Anda dengan firmware resmi, menggunakan ClockWorkMod Recovery. Selamat mencoba J

Tidak ada komentar:

Posting Komentar