Pages

Minggu, 10 Januari 2016

Sumber Hukum Islam

Sumber hukum islam yang utama ada tiga, yaitu Al-Quran, hadis dan ijtihad.

1. Al-Quran

   Al-Qur'an merupakan perkataan Allah swt yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad saw melalui Malaikat Jibril dengan lafal dan maknanya. Al-Qur'an terdiri atas 114 surah dan 30 juz. Al-Qur'an merupakan sumber yang pertama dan utama dari hukum islam. Al-Qur'an berisi pembahasan mengenai prinsip-prinsip akidah, prinsip-prinsip ibadah dan prinsip-prinsip syariat.

2. Hadis

   Hadis adalah segala ucapan, perbuatan, dan keadaan Rosululloh saw atau segala berita yang bersumber dari Rosululloh saw. Hadis merupakan sumber ajaran dan sumber hukum islam, kedua setelah Al-Qur'an. Hadis menjadi penjelas bagi hukum-hukum yang terkandung dalam Al-Qur'an. Beberapa hadis yang utama adalah Sahih al-bukhari, sahih Muslim, Sunan Abu Daud, Sunan At-Tirmizi, Sunan an-Nasa'i, dan Sunan Ibnu Majah. Beberapa jenis hadis adalah hadis sahih, hadis hasan, hadis da'if, hadis mutawatir, hadis garib, hadis mu'allaq.

3. Ijtihad

   Ijtihad adalah mencurahkan tenaga dan pikiran untuk mendapatkan hukum agama dari dalil-dalil syara', yaitu Al-Qur'an dan hadis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar