Pages

Senin, 23 Januari 2017

Cara Mengatasi HP Lemot

Handphone merupakan teknologi canggih yang di gunakan untuk berkomunikasi dan hampir semua orang memilikinya. Sudah banyak sekali berbagai jenis handphone seperti Android maupun IOS yang di tawarkan mulai dari harga termurah hingga harga yang paling mahal dengan memiliki keunggulannya masing masing.

 

Untuk para anak mudah sampai orang dewasa menggunakan handphone untuk dapat berkomunikasi dengan memanfaatkan aplikasi chatting seperti bbm, Instagram, line, whatsaap, dan masih banyak lainnya.

 

Namun dengan adanya bermacam-macam aplikasi dan fitur canggih di dalamnya membuat kinerja handphone menjadi lambat atau lemot. Hal ini dikarenakan handphone yang selalu digunakan terus menerus tanpa henti, bahkan ketika sedang melakukan pengisian daya sekalipun. Namun kalian tidak perlu khawatir karena berikut akan saya beritahu penyebab hp menjadi lemot.

 

Penyebab HP Menjadi Lemot

 

Handphone kamu lemot? Hal yang pertama yaitu apabila memori internal yang kalian gunakan sudah sangat penuh. Kinerja handphone akan menjadi berat ketika kalian sangat sering melakukan penyimpanan data dan aplikasi.

Kalian haruslah menyeimbangi penggunaan data dan juga instal aplikasi yang memang benar benar di perlukan saja.

 
Hal lainnya yang menjadi penyebab handphone menjadi lemot yaitu ketika kalian menjalankan aplikasi secara bersamaan. Biasanya beberapa orang memutar musik di hp sembaring memainkan aplikasi chatting dan tidak sedikit juga yang hampir semua media sosial pada handphone di aktifkan seperti facebook dan twitter yang dapat memunculkan notifikasi pada hp.

 

Hal ini dapat menyebabkan handphone menjadi lemot atau lelet. Namun saya akan menjelaskan juga cara mengatasi handphone yang lemot, silahkan simak cara berikut:

 

1. Hindari Penggunaan Live Wallpaper
Menggunakan Live Wallpaper akan membuat tampilan handphone kalian menjadi semakin menarik dan bagus, namun perlu kalian ketahui, menjalankan live wallpaper dibutuhkan kinerja GPU untuk me-render grafik bergerak. Jadi saran saya untuk kalian agar sebisa mungkin menghindari untuk menggunakan live wallpaper di handphone kalian.

 

2. Tutup Aplikasi Yang Berjalan di Background
Beberapa pengguna seringkali menutup aplikasi dengan menekan tombol “Home” , namun sebenarnya aplikasi tersebut tidaklah berhenti melainkan masih berjalan di background. Untuk menutupnya cukup Tap dan tahan tombol “Home” lalu pilih Task Manager kemudian tap Active Aplication, disitu akan terlihat daftar aplikasi yang masih berjalan, Klik End untuk menutup aplikasi yang tidak digunakan lagi.

 
3. Matikan Auto Update Apps
Auto Update Apps berguna untuk mendapatkan versi terupdate dari aplikasi ataupun game yang sudah kalian install di handphone. namun fitur auto update akan menambah beban pada memori, apalagi ketika tiba-tiba handphone kalian mengunduh dan menginstal sebuah aplikasi pada saat sedang menjalankan aplikasi yang lain. Untuk mematikan auto update apps silahkan kalian lihat di setting'an Playstore.

 

4. Batasi Penggunaan Widget Yang Berlebihan
Widget memang memberikan informasi yang penting bagi penggunanya, tetapi jika penggunaan widget yang berlebihan tentunya akan membuat kinerja handphone kalian akan menjadi lemot. Jadi lebih baik hindari untuk menggunakan widget yang berlebihan.

 

5. Pindahkan Aplikasi ke Memori External
Handphone yang tersebar dipasaran memiliki memori internal yang kecil dan kalau kalian masih memaksakan untuk menginstall banyak aplikasi dan memori internal penuh maka akan dipastikan handphone kalian menjadi lemot. Untuk mengatasinya kalian dapat memindahkan aplikasi di Memori Internal ke Memori Eksternal.

 

6. Reset Ulang Hp Android
Ini mungkin akan menjadi pilihan terakhir yang bisa kalian coba jika 5 cara diatas tidak dapat mengatasi handphone yang lemot. Mereset Ulang atau Factory Reset Handphone berguna untuk menjadikan handphone kembali seperti dalam keadaan baru atau semula. Semua aplikasi yang telah kalian install akan hilang dan yang tersisa hanyalah bawaan pabrik saja.

Itulah penyebab dan cara mengatasi hp kalian yang lemot, semoga bermanfaat untuk kita semua.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar