Pages

Kamis, 09 Maret 2017

Cara Mengatasi Tablet Hang

Perkembangan tablet sekarang memang sudah luar biasa hebatnya. Tablet sudah bukan lagi menjadi barang mewah, karena setiap orang hampir mempunyaiya.

Baik dari anak sekolah bahkan ibu-ibu yang jaga warung di rumah juga mempunyai tablet. Dirancang untuk menggantikan peranan laptop yang cukup berat bila dibawa kemana-mana, tablet mempunyai berat yang lebih ringan dengan ukuran layar yang hampir sama.

samsung tab 3 hang
Dalam pemakaian jangka panjang, yang namanya barang elektronik pasti mempunyai masalah. Mulai dari rusak pada sistemnya, sering hang dan mungkin mati total.

Pada kesempatan kali ini saya akan khusus membahas tentang Samsung Galaxy Tab 3 yang hang. Ada banyak hal yang menyebabkan tablet hang, beberapa diantaranya adalah sebagai berikut:
Ram tidak memadai, dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan sedangkan ram hanya pas-pasan bisa mengakibatkan tablet menjadi hang. Jadi sebelum membeli tablet harus diperhatikan besar ram yang dimiliki.

Touchscreen rusak, hal ini sering terjadi ketika kita mengira bahwa tablet tersebut hang karena tidak bisa digerakan padahal terdapat kerusakan pada layar sentuhnya. Solusinya adalah dengan mengganti touchsreen.

Kesalahan dalam instal software atau Rom, hal ini sering terjadi bagi para master android yang sering melakukan eksperimen dengan menginstal program yang sejatinya tidak diperbolehkan oleh pabrik. Sehingga membuat aplikasi di dalamnya menjadi crash, otomatis tablet menjadi eror dan hang.

Setelah mengetahui penyebab tablet hang, sekarang akan saya beritahu cara mengatasinya. Tablet ini menggunakan baterai tanam, jadi ketika tablet kita hang tidak bisa melepas baterai sembarngan karena harus bongkar tablet terlebih dahulu.

Lalu bagaimana solusinya? caranya adalah dengan menekan tombol power yang lama sekitar 10-20 detik kemudian lepaskan. Setalah tablet mati, coba hidupkan kembali apakah masih hang atau tidak. Kemudian bila masih eror dan hang berati ada masalah pada tablet tersebut. Bisa karena software atau hardwarenya yang mempunyai masalah.

Cara selanjutnya bila tablet masih hang, yaitu dengan melakukan factory reset ata mereset ulang tablet ke setingan pabrik. Caranya adalah dengan masuk ke mode recovey kemudian melakukan wipe data.

untuk masuk recovry pastikan tablet dalam keadaan mati kemudian tekan tombol volume(+) dan tombol power bersama-sama. Kemudian akan muncl beberapa pilihan menu, lalu pilih wipe data/factory reset tunggu sampa proses selesai.

Jika beruntung setelah proses selesai tablet akan menjadi normal kembali.

Lalu bagai mana bila masih eror lagi? langkah selanjutnya adalah melakukan flashing ulang menggunakan sofware di komputer yang bernama odin. Langkah-langkah flashing tablet ini Insyaallah akan saya bahas pada kesempatan lain.

Cukup sekian dulu postingan kali ini semoga bermanfaat dan sampai jumpa dengan postingan saya berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar